Dec 17, 2012

WISH YOU WERE HERE…….



WISH YOU WERE HERE…….


Dag dig dug jantungku terasa kencang sekali, teramat kencang malah. Seluruh tubuhku panas oleh aliran darah yang deras. Hape masih dalam genggaman erat tanganku. Beberapa kali kupencet no itu, tapi saat itu juga jantungku berdegup tambah kencang, sehingga akhirnya selalu ku “cancel” sebelum telepon sempat nyambung. Ada apa denganku? Mirip sekali dengan lagunya Peterpan “Ada Apa Denganmu?”. Aku hanya bisa terdiam, dan terus memikirkannya, kalimat di SMS itu sungguh membuatku tak berdaya. Sekeliling dinding kamarku turut membisu, langit-langit menatapku penuh tanya. Wajahnya memenuhi seluruh pikiranku. Apakah ini yang namanya rindu? Aku merindukannya? Hah, aku merindukannya? Benarkah? Oh, malam yang begitu panjang…
 Pagi ini matahari malu-malu menampakkan dirinya, sedikit mendung. Bangun tidur yang kucari adalah hape kesayanganku, sambil duduk diteras belakang menikmati matahari yang sedikit mengintip-intip dibalik awan. Udara  di Dago Utara masih segar, angin pagi yang menyusup kedalam pori-pori alangkah menyejukkan. Embun-embun sisa malam menetes satu persatu membasahi tanah. Pepohononan dikanan kiri jalanpun masih setia meneduhkan dikala tengah hari. Dari teras belakang rumah Ibu kost terlihat jelas perumahan elite Resor Dago Pakar yang tertata apik. Ah, aku malu sekali pada matahari, andai saja dia tahu perasaanku saat ini…
“Loe dah makan, nyari makan yuk?”, suara itu membuyarkan lamunanku. Tiba-tiba Adjie dah nongol dibelakangku dengan segelas susu coklat dan koran.
Belum sempat kujawab pertanyaan Adjie, dia sudah ngomong lagi “Jangan bengong mulu, ntar kerasukan setan baru tahu rasa loe”, sambil menyodorkan susu padaku.
“Siapa yang bengong, gua lagi menikmati langit pagi Djie”, jawabku sambil menyambut segelas susu coklat yang dibawa Adjie. Adjie duduk disebelahku, membuka lembaran-lembaran koran. Kuintip koran yang lagi dibaca Adjie, Headline-nya kali ini soal pengacara Puteh yang melakukan aksi suap menyuap dan tertangkap KPK. Sekilas  saja Adjie membolak-balik korannya, lalu dilemparnya keatas meja. Adjie menyeruput susu yang sudah kuminum juga.
“Makan yuk”, kalimat itu keluar lagi dari mulutnya, sementara aku masih asyik menikmati pemandangan pagi yang mendamaikan.
“Belum mandi”, kataku singkat.
“Gua juga belum mandi, dah pergi yuk, laper nih”. Adjie menyeretku keluar dari kursi. Aku gak bisa menolak ajakannya. Adjie masuk kamarnya mengambil kunci motor juga jaket, aku masih memakai baju tidur dibalut sweater, kitapun pergi ke Kantin Dago langgananku sejak SMU.
Adjie mahasiswa Teknik Industri-ITB, semester akhir. Dia orang Jakarta, Ibunya campuran Bandung_Belanda, Bapaknya asli Jawa, tapi dia lahir dan besar di Jakarta, baru saat kuliah dia ke Bandung. Aku baru kenal Adjie 6 bulan yang lalu, saat aku pindah kost ketempat dimana Adjie juga kost. Tapi baru dua bulan ini kita dekat, sering pergi bareng, makan bareng, tak jarang kita pulang kuliah bareng. Kebetulan kita satu kampus, aku ngambil Desainer Interior satu tingkat dibawah Adjie. Orang tuaku tinggal di Jambi, sejak SMU aku tinggal di Bandung. Orang tuaku asli Bandung, sejak aku kecil Papa sudah tinggal di Jambi sebagai dokter Urologi disana, katanya di Jambi dokter Urologi lebih dibutuhkan ketimbang di Bandung atau Jakarta. Jadilah Papa mengabdikan dirinya di Jambi. Aku tinggal sendiri sejak SMU di Bandung, orang tuaku sangat demokratis, mereka memberikan kebebasan dan kepercayaan sepenuhnya padaku. Meskipun aku anak tunggal tapi Mama dan Papaku tidak biasa memanjakan anaknya secara berlebihan. Tiap dua minggu sekali Mama dan Papa datang menjengukku ke Bandung, aku sangat bangga punya orang tua seperti mereka, dan aku sangat bahagia.
Lain lagi dengan Adjie, katanya dia anak yang tidak sengaja diinginkan oleh orang tuanya. Lho kok? Ibunya gagal KB saat usia kakaknya Adjie masih berumur tiga bulan, kemudian hamil lagi, ya si Adjie ini. Merasa bukan anak yang diharapkan oleh orang tuanya, Adjie jadi agak sedikit cuek. “Aku bukan anak yang mereka dambakan, Ya”, katanya suatu ketika saat kita makan di LC Restaurant. Aku mencoba membesarkan hatinya, toh sekarang orang tuanya sangat menyayanginya, terlebih Adjie anak laki satu-satunya.
Adjie ngambil nasi hampir dua sendok nasi dengan lauk tempe bacem dan pecel telur kesukaannya, katanya dia laper sejak semalam gak makan jadi porsinya double. Aku makan pake capcay dan ayam goreng, dengan nasi hanya setengah sendok.
“Gimana mau besar tuh badan kalo makannya cuma porsi bayi”, ledek Adjie melihat makanku yang selalu sedikit, aku memang gak bisa makan banyak.
“Aya, loe kalo gua bopong pasti ringan banget ya kayak kapas”, ledeknya lagi. Aku sih cuek aja, sudah biasa diejek sama Adjie. Dia kalo ngomong emang suka saenak’e dewek. Sambil makan kita ngobrolin soal UAS yang tinggal beberapa hari. Dia juga lagi stress mikirin kuliahnya, targetnya tahun ini dia harus beres kuliah. Ya, semoga aja Djie…
Gak terasa ngobrol ngalor ngidul, makanan dipiring Adjie sudah raib masuk perut semua. Aku masih menyelesaikan sisa-sisa makanan yang masih beberapa suap.
“Aya, gua perhatiin belakangan ini loe kok banyak ngelamun, kenapa sih?” Hampir saja aku tersedak mendengar pertanyaan Adjie. Kok dia bisa tahu aku banyak melamun, tanyaku dalam hati. Beberapa hari ini aku lagi kangen berat sama Mama.
“Nggak ah, biasa aja. Sedikit kepikiran UAS sih”, jawabku enteng.
“Alaaahhh, UAS aja pake dipikirin, ntar cepet tua lho kalo banyak mikir”. “Meskipun tua, gua yakin pasti tetep cantik, gua pada dasarnya emang cantik, ya kan Djie?”, candaku pada Adjie. Adjie memanyunkan bibirnya tanda ngeledek.
Tiba-tiba Adjie menatapku serius dan bertanya “Aya, gua ganteng gak?”. Aku tertawa ngakak dengar pertanyaan Adjie.
“Bukannya ganteng, tapi loe item Djie, ha ha ha…”, aku balas ngeledek.
“Tapi manis kan, Ya?”
“Emang gula, pake manis segala?”, timpalku. Aku lari keluar kantin mengarah kemotornya Adjie, Adjie mengejarku, tangannya megacak-ngacak rambutku yang kubiarkan tergerai sebahu.
“Djie, jangan ngebut ya, gua belum mau mati”, pesanku sebelum Adjie menghidupkan motornya.
“Siap Boss”.
Sampe di kost-an, Adjie langsung nyuci motornya yang sudah cukup dekil, ntah berapa lama tak dicucinya motor itu.
“Djie, gua ikut ngeprint ya, printer gua lagi ngadat tuh”.
“Pake sono, nih kuncinya”, Adjie melempar kunci kamar kearahku.
“Ups, hampir saja kena muka gua”.
“Sorry Ya, gua gak sengaja”, celoteh Adjie tanpa dosa sambil terus menyikat ban motor. Aku pergi kekamarku ngambil bahan, lalu menuju kamar Adjie.
“Busyet, ini kamar, apa kandang ayam, berantakan banget”.
Buku, sepatu, helm, jaket, topless susu, tercecer dimana-mana, ya ampun. Aku paling gak bisa liat kamar berantakan, seperti kamar Adjie yang susah dipake untuk melangkah, belum lagi kasur yang semrawut. Satu demi satu aku rapikan, aku simpan ditempatnya. Hampir 20 menit aku merapikan kamar Adjie. Sekarang sudah rapi, aku bisa ngeprint. Aku mulai ngeprint, selembar demi selembar. Kulihat photo Adjie diatas meja komputer, berukuran 10R diblock. “Ganteng juga”, gumanku dalam hati. Badan Adjie tinggi besar, hidung mancung, rambut yang selalu dicepak, makin mirip saja wajahnya dengan Keanu Reeves, meskipun kulitnya agak gelap. Tapi yang paling kusuka adalah matanya yang bagus. Tajam. Mendebarkan. Oh. Lama kupandangi photo itu.
“Wah, asyik nih kamar udah rapi, thanks ya”, Adjie sudah nongol diambang pintu. Adjie menghampiriku dengan tangan yang masih basah, lalu menyipratkannya kemukaku, terang aja aku menjerit, mukaku jadi ikut basah. Kuseka mukaku dengan tissue, kulemparkan tissue bekas nyeka mukaku kemuka Adjie, Adjie membalasnya dengan melempar bantal kearahku, tepat sekali sasaran Adjie, bantal mendarat persis dimukaku. Kalau udah bercanda kadang Adjie memang suka kelewatan.
Aku menyelesaikan ngeprintku yang tinggal beberapa lembar. Adjie rebahan dikasur yang sudah kurapikan tadi.
“Aya, bikinin gua kopi dong, capek nih”.
“Enak aja main perintah-perintah, emang gua pembokat loe?”
“Tolong dong nona manis, abang haus nih?”
“Gak lucu”, jawabku ketus.
“Ayo dong…”.
Aku membereskan kertas-kertasku, lalu mematikan komputer. Kemudian beranjak menuju rak makanan Adjie dan membuat kopi, ehm harum sekali. Sayang sekali aku gak bisa minum kopi karena penyakit maag-ku pasti kumat, meskipun hanya minum seteguk.
“Monggo Tuan Raja, kopinya sudah siap”, kataku pada Adjie sambil kusodorkan secangkir kopi kearahnya.
“Matur nuwun ya Mbok”, jawabnya.
“Sialan gua dipanggil Mbok”. Adjie ngakak mendengar aku ngedumel.
“Gua mandi dulu ya, Ya”, Adjie masuk kamar mandi. Aku masih dikamar Adjie melihat lukisan-lukisannya. Adjie memang hobi melukis, katanya ada garis dari Mbah Kung-nya yang jago ngelukis. Bukan sekali ini aku melihat-lihat lukisan Adjie, hampir setiap kekamar Adjie, aku pasti memperhatikan lukisan-lukisan Adjie dengan seksama, lukisannya enak untuk dipandang, gak bikin bosan. Eit, aku terpana dengan satu lukisan yang baru pertama kali ini aku lihat, lukisan seorang wanita, kayaknya aku tidak asing dengan wajah wanita dilukisan ini. Sepertinya Adjie baru melukisnya, biasanya tiap kali ada karyanya yang baru dia pasti memamerkannya padaku. Tapi tunggu, kok inisialnya MA? Di setiap lukisannya Adjie selalu membuat inisial DHKA, nama lengkapnya kan “Deru Hyrf Kusumo Adjie”, Dua kata terakhir itu sangat Jawani sekali. Ah entahlah, emang gua pikirin.
“Ya, mandi gih. Seger kalo dah mandi, cepet”, Adjie dah keluar dari kamar mandi.
“Bentar lagi, masih panas”, jawabku.
“Cepet, sekarang. Dah jam dua tuh. Kita pergi kebawah, jalan-jalan, cepetan”.
“Emang mau kemana Djie?”
“Jalan-jalan lah Ya, mumpung kita libur. Senin besok dah harus ujian, sekarang saatnya nyantai dulu, ayolah!”.
“Apa perlu gua mandiin kayak motor tadi, gua sikat?”, katanya lagi.
“Gila loe ya nyamain gua sama motor”, aku masih duduk melihat-lihat lukisan Adjie.
“Aya, cepetan. Gua kasih waktu 15 menit untuk mandi”, Adjie sedikit memaksaku.
“Nggak ah, males. Kalo mau pergi, pergi aja sendiri, gua males, pengen tidur”,
“Dasar tukang molor”, tiba-tiba handuk basah bekas mandi Adjie mendarat dikepalaku.
“Jorok”, aku melemparkan kembali handuk kearah Adjie.
Di kost-an aku sama Adjie memang terkenal kayak kucing sama anjing kalau sudah ketemu. Temen-temen kostku malah ada yang menjuluki kita Tom & Jerry.
“Ayolah Ya, temenin gua jalan, ntar gua traktir deh”, kalimat Adjie sedikit merayu. Sebenarnya aku males keluar rumah, tapi Adjie memaksaku terus, gak ada salahnya  pergi nemenin dia.
“Gua mandi dulu, tapi entar traktir gua makan di restoran Jepang, ok?”.
“Ok, loe mau dimana aja gua traktir. Cepetan mandinya, jangan lebih dari 15 menit”.
“Emangnya gua bebek, cuma dengan byur byur terus udah”, aku keluar dari kamar Adjie, lalu madi. Selesai mandi kuambil jeans biru dan kaos putih dilapis jaket biru muda, rambut kukuncir.
Empat puluh lima menit kemudian aku nongol lagi dikamar Adjie, sudah sejak tiga puluh menit yang lalu Adjie terus kirim SMS padaku, isinya: cepetan, cepetan. Aku sih cuek aja, nyantai.
“Lama banget sih”, kata Adjie sambil menyodorkan helm padaku.
“Mandi itu perlu bersih Djie, buru-buru gak baik”.
Adjie gak nyahut, kita lalu pergi. Motor Tiger 2000 warna hitam yang sudah tidak utuh lagi itu melaju melintasi jalan Dago, dengan suaranya yang membuat orang nutup telinga.
Pas setopan lampu merah persimpangan Sulanjana Adjie berbisik padaku “Ya, loe cantik banget hari ini, baju yang loe pake cocok”. Aku tertawa lepas denger pujian Adjie.
“Sejak kapan loe pintar ngegombal Djie?”
“Serius Ya, swear!”
Adjie orangnya cuek abis, nggak pernah dia memujiku. Kalaupun aku minta pendapatnya tentang penampilanku, yang ada dia pasti meledekku bukannya memuji. Sepanjang jalan aku mentertawakan Adjie, sementara Adjie masih saja serius dengan terus memuji penampilanku kali ini.
 Adjie membelokan motornya ke Bandung Indah Plaza. Setelah memarkirkan motornya di basemant, Adjie terus melangkah menuju lantai atas. Aku mengikuti saja tanpa banyak tanya, berjalan disampingnya. Oo, ke bioskop rupanya.
“Ya, mau nonton apa?”
“Kok gak bilang-bilang kalo kita mau nonton?”
“Surpraise dong, Ya!”
“Terserah Adjie aja, gua ngikut”.
“Robert De Niro ini kayaknya bagus”, kata Adjie sambil menunjuk film Hide and Seek. Aku ngangguk menyatakan setuju. Adjie ngantri tiket, aku nunggu disebelah Adjie.
“12-13A mbak, yang dipojok”, Adjie minta tiket paling belakang.
Studio 1 tempat kami akan masuk belum dibuka, sambil nunggu kami turun ke swalayan beli soft drink dan makanan ringan. Naik lagi keatas studio sudah dibuka, kamipun masuk. Kami duduk dipinggir paling belakang.
Didepan kami ada bapak-bapak yang ngajak nonton anaknya, empat orang, tapi tanpa Ibu. Kemana sang Ibu ya? Filmpun dimulai.
Komentar Adjie pertama saat lihat film itu, keindahan alam yang begitu menakjubkan juga sorot mata tokoh anak kecil, “Matanya bagus ya Ya, hijau”.
Aku membantah, “Abu, bukan hijau”.
Kamipun serius dengan menyimak alur cerita, kepala Adjie menyender dibahuku. Kusodorkan minuman padanya.
“Ya, ada yang mau gua omongin”, Adjie berbisik.
“Apaan?”
“Bentar”, Adjie ngambil hape dari sakunya, rupanya ada telepon. Adjie pamit kebelakang sebentar untuk nerima telepon. Gak lama Adjie kembali. Dia terdiam sejenak.
“Ya, Mbah gua meninggal”, suaranya agak tersendat.
“Innalillahi, kapan Djie?”, aku tersentak kaget.
“Tadi pagi, barusan kakak gua nelpon”. Adjie kembali terdiam dengan seribu bahasa. Konsentrasi nontonku jadi buyar seketika.
“Sabar ya Djie”, aku berusaha membesarkan hatinya.
“Adjie mau pulang? Ayo kita pulang aja”.
Adjie ngangguk, “Ya, peluk Adjie bentar dong”, suaranya agak lemas. Adjie menarik tanganku supaya memeluknya, dadaku berdegup sangat kencang. Gak biasanya Adjie seperti ini. Hatiku jadi nggak karuan. Mungkin Adjie begitu terpukul dengan kepergian Mbahnya, sehingga dia butuh tempat untuk berbagi. Tidak lebih dari sepuluh menit aku memeluk Adjie.
“Pulang yuk Ya”, aku ngangguk dengan perasaan yang masih terkaget-kaget. Kamipun keluar studio, film kami lupakan.
Diluar studio Adjie ngajak makan dulu sebelum pulang ke kost-an. Kami gak jadi makan di restoran Jepang sesuai permintaanku, kami makan di McD yang dekat, karena Adjie harus pulang ke Jakarta hari ini juga.
Baru kali ini aku liat Adjie begitu down. Adjie memang cukup dekat dengan Mbahnya itu. Selama makan Adjie gak banyak ngomong, sesekali dia menatapku, aku hanya tersenyum.
Kamipun pulang. Sepanjang jalan Adjie membisu. Sampai dikost-an aku ikut masuk kekamar Adjie, karena Adjie mau langsung pergi ke Jakarta. Adjie memasukkan dua lembar baju kedalam ranselnya. Tubuhnya dibalut jeans belel warna biru muda, dipadan kaos  hitam juga jaket dengan warna senada jeansnya. Tegap sekali badannya, pujiku.
“Djie, gua turut berbela sungkawa ya. Sorry gua nggak bisa ikut melayat”.
“Hati-hati ya, jangan ngebut”.
“Ok, Boss!” Adjie menggendong ranselnya lalu memakai sepatu.
“Ya, gua balik dulu ya”, pamit Adjie sambil mengecup keningku, lagi-lagi aku kaget dengan tingkah Adjie yang sedikit. Biasanya kalo mau pergi dia selalu ngacak-ngacak rambutku.  
“Ok. Hati-hati. Kalo dah nyampe kabari gua ya!”
“Yup”.
 Adjie pergi dengan motornya, aku terus memandanginya sampai menghilang dari pandanganku.
Malam ini begitu sepi, sesekali terdengar suara motor dan mobil diluar sana memecah sunyi. Aku nongkrong dijendela kamarku berharap ada meteor jatuh. Di sebrang sana kerlap-kerlip lampu  kota Bandung bagaikan kunang-kunang, terlihat jelas dari kamarku, indah sekali. Tuhan, sempurna sekali Engkau menciptakan ala mini.
Jam sembilan lewat hapeku bunyi, aku terima SMS dari Adjie: ‘Ya, gua dah nyampe’. Syukurlah Adjie dah nyampe di Jakarta dengan selamat.
Tengah malam aku terima SMS lagi dari Adjie: ‘Ya, gua punya utang ama loe makan di restoran Jepang. Gua pasti bayar utang itu. Ya, gua bikin lukisan buat loe, tadinya mau gua kasih saat kita pulang nonton tadi. Ya, sorry kalo gua jutek ama loe selama ini. Gua sayang loe, Gua mencintai loe Ya. Tunggu gua balik ya, Ya!”.  Aku kaget baca isi SMS dari Adjie. Oh my God. Dadaku berdebar. Hape masih dalam genggamanku, aku gak tahu harus menjawab apa. Bibirku kelu, tak sepatah katapun keluar dari mulutku.
Jendela kamar masih terbuka lebar, dingin menyusup keseluruh dinding. Malam semakin menanjak menjemput pagi, tapi mataku gak bisa dipejamkan barang sedetikpun. Pikirannku terus tertuju pada Adjie, Adjie yang cuek, Adjie yang selalu bikin aku marah, Adjie yang nyebelin.  Pantas saja belakangan ini Adjie sering memperhatikanku, menelponku untuk sekedar menanyakan sudah makan atau belum, membawakan makan siang atau makan malam kalau kebetulan aku belum sempat keluar nyari makan. Nggak jarang Adjie membantu mengerjakan tugas-tugas kuliahku. Ah, Adjie… Aku tiba-tiba begitu merindukannya, andai saja saat ini kau ada disisiku. Selama ini aku bersahabat dengan Adjie, tapi sekarang dia nembak aku. Dan inisial dilukisan itu MA, Masyayu Anastasia, namaku kah? Kecupan itu, pelukan itu, Oh Adjie….. wish you were here…..




Dago, Juni 2008

No comments:

Post a Comment

Ayo semua...

jadikan hidup kita lebih berarti dan bermanfaat bagi kita
bagi dunia kita...

salam selalu untuk Kalian...