Mar 5, 2011

aku aku aku dan aku



------------------------------------------------------------------------

BUMI BERSERUAK....

KU DENGAR SUARA ANAI RERUMPUTAN
KETIKA TULANG BELULANG TLAH RAPUH
RAPUH DALAM USIA SENJA
SEGAR WANGI DALAM AROMA YANG SEMERBAK
TERJAL LIKU JALANAN YANG BERDURI
HADIRKAN SEMAMPAI BAYANGAN
BAYANG TENTANG-NYA YANG KURASAKAN DALAM
RASAKAN RIUH ANGING MEMBAHANA DALAM DAMAI JIWA....

-----------------------------------------------------------------------

BUMI TERKOTAK DAN TERKOYAK


BERDUKA KETIKA MATAHARI TAK LAGI BERSINAR
HANYA MENDUNG DAN AWAN HITAM YANG SETIA
JALAN YANG BERLIKU KETIKA BeRJALAN
PERIH SAAT MENUSUK DUKA DALAM HATI
AIR YANG TERGENANG DIMUARA TLAH MENETES
EMBUN YANG KELUAR DARI KEHANGATAN PAGI
HANYA SENDU...

..........................................................................

 DAMAI YANG DULU TLAH HILANG

SAAT UDARA MEMUAI DALAM RENjANA
SERUAN KEHENINGAN TLAH MEMUNCAK DALAM LAZUARDI
SENANDUNG HITAM DALAM ANGAN PELANGI YANG INDAH
DAN LANGKAH YANG TAK BERBEKAS......

------------------------------------------------------------------------

(DARI MATA SEORANG YANG HINA)

LUKA SAYATAN TLAH TERASA....
PERIH YANG ADA TAK LAGI ADA
MUKA MUKA LUGU DAN TAK BERDOSA
MEREKA YANG BERSAYAP SERAYA MEMANGGILKU...
UNTUK SENJA YANG TELAH AKU LALUI
TAK ADA MAKNA YANG INGIN KU UCAP
SELAIN SUJUDKU PADA-MU YA RABB
SYUKURKU DALAM RIUH NYANYIAN SANG OMBAK
INGINKU BERSUJUD DALAM KESYAHDUAN
SEMOGA IZINKAN HADIRKAN KEDAMAIAN
BUKAN UNTUKKU,
BUKAN UNTUKMU,
BUKAKAN,,BUKAN ITU

Aku yang Merindukanmu

Kulihat mendung menghalangi pancaran wajahmu
tak terbiasa kudapati terdiam mendura
apa gerangan bergemuruh diruang benakmu
sekilas galau mata ingin berbagicerita
kudatang sahabat bagi jiwa
saat batin merintih usah kau lara sendiri
masih ada asa tersisa
letakanlah tanganmu diatas bahuku
biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
didepan sana cahaya kecil tuk memandu
tak hilang arah kita berjalan menghadapinya

sekali sempat kau mengeluh kuat kah bertahan
satu persatu jalinan kawan beranjak menjauh
kudatang sahabat bagi jiwa
saat batin merintih usah kau lara sendiri
masih ada asa tersisa
letakanlah tanganmu diatas bahuku
biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
didepan sana cahaya kecil tuk memandu
tak hilang arah kita berjalan menghadapinya

letakanlah tanganmu diatas bahuku
biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
didepan sana cahaya kecil tuk memandu
tak hilang arah kita berjalan menghadapinya

usah kau simpan lara sendiri


terdiam hanya bisa diam, hanya ingin menyerang disekujur tubuhku
layangkan mata menembus cahaya putri idaman
masih jelas trelihat pesona ayumu
masih jelas terasa ketegaran jiwamu
inikah surga cinta yang banyak orang pertanyakan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -Gunting dibagian ini hahaha

PERTANYAAN...?.

Aku diam dalam peraduan,
Setiap pertanyaan dari hati ku,
Semuanya buntu,
Tidak ada akhir untuk ku jawab.
Jejak-jejak kakiku dalam pencarian,
Seakan tidak ada ujung,
Untuk berlabuh.
Kini,
aku hidup dalam pertanyaan dan pencarian
untuk ku dapatkan
jiwaku yang terikat oleh mu.
                   


DIBALIK TAWA DAN AIR MATA

Aku tidak akan menawarkan tawa hatiku,
Dengan kebaikan,
Dan aku tidak akan ku hentikan,
Air mata yang berjatuhan
Dari hati yang menderita,
Demi ketenangan.
Air mata yang memurnikan hatiku,dan
Membukakan kehidupan.
Tawa hatiku ini,
Adalah...
Suka citaku
Dari keberadaanku untuk mu.
                   


SAAT DIA DATANG

Hari-hariku yang gelap,
Mimipi-mimpiku yang meresahkan,dan
Pekatnya malam,
Membuat,
Mata ini kosong,
Hatiku menangis, dan
Jiwaku terluka,
Saat itu
Kiamat datang tidak ada hentinya
Tapi kini,
Dia datang
Menghibur diriku
Dengan derita yang ia korbankan.
                   


BUNGA MALAM.

Aku hanya bisa memilih diam
Andai kamu mengerti akan kebisuanku
Maka kau akan melihat
Bunga malam
Yang mengatupkan kelopaknya
emosi dari segitiga jiwaku
Yang merintih dan meronta
Seakan aku enggan melihat masalah
Kini ku rajutkan
Selimut kerinduan
Dari benang-benang kesunyian yang engkau harapkan.


Catatan dinding sang P.S.Y,C,H.O

Kadang GW heran ma orang lain dan bertanya
Kenapa?kamu siapa?Mereka siapa?Kita siapa?

But bwt gw!!kamu, mereka, kita,semuanya ga usah
bertanya tentang siapa...
But itu cuma sekilas intermEzo dari Catatan Dunia Imaji Yang sedIkit
anarki dan g perlu eMosi... (HAhaha)

kadang Hidup gw bikin orang kecewa... But
Gw g bermaksud bikin orang lain kecewa,
kadang orang salah arti tentang apa yang gw lakuin bwt mereka
But, gw g ada maksud apa2 dibalik Topeng kebaikan gw,,,
kadang orang juga mikir gw Gila
maka lahir buku berjudul Mereka Bilang aku gila...
(Weit emang gw yang ngarang yachh Hehehe Sori Y Mba Yg Nulisnya)
kadang mereka kayak Monyet menari-nari
membuatku geli dan tertawa... But
MEreka bukan Monyet.... (Sori2)

mata ini udah ngantuk,,,
tapi saat mata ini terpejam gw sadar
matahari esok masih bersinar
dan harapan baru selalau lahir
akhirnya mata ini selalu terbangun...

Dengan harapan Untuk dia yang tlah hilang.

Wahai Engkau yang hilang
Saat ini aku sedang memikrkanmu
Menatap dirimu dengan linangan air mata
Di hatiku
Aku tak dapat melupakanmu
Namamu telah terpatri di jiwaku
Diantara keinginanku
Ternyata tidak ada didirimu
Menginginkan lebih darimu
Hanyalah penyakit yang menggerogoti badanku
Wahai Engkau yang diam
Sungguh aku bukan sahabat yang kau harapkan
Tapi aku adalah sahabat yang kejam
Sahabat yang menaruh dendam kepadamu
Buatku menjadi sahabat untukmu
Adalah penderitaan
Aku Membenci mu
Karena aku terlalu menyayangi mu.

dan apakah kau akan biarkan aku
dengan para kelelawar
atau kau akang kosong bersama ku.....
karena aku pecinta gelap dan kelelawar HITAM

Warna dan Karakter mu

Semua orang mempunyai salah satu jenis warna yang sangat disukai dari sekian banyak warna yang kita kenal dalam dimensi kita. Banyak yang kurang menyadari, sebenarnya dari Warna Favorit kita dapat melihat watak seseorang.
Warna Biru
Warna kesukaan kamu Biru, biasanya termasuk tipe pemurung, selalu menyenangkan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal. Selalu mengharapkan kedamaian dan ketenangan. Kamu memiliki kesulitan dalam pergaulan. Demikian pula dalam bercinta karena kamu sering sekali menyembunyikan perasaan.
Warna Hitam
Kamu termasuk tipe orang yang sangat lincah dalam hal-hal tertentu saja. Jika berada dilingkungan yang tidak disukai, maka kamu akan menjadi murung. Kamu selalu tampil menarik, rapi, cukup banyak lawan jenis berusaha mengejar dan merebut cinta kamu.
Warna Merah
Kamu sangat berwibawa dan juga senang melindungi orang yang lemah. Walau sering kali bergaul dan bercanda tapi kamu bisa menahan diri. Banyak orang mengatakan cinta, tapi kamu selalu berpikir dan berpikir lagi. Kamu termasuk tipe yang sulit jatuh cinta.
Warna Hijau
Jika warna favorit kamu hijau, maka kamu adalah tipe yang sangat romantik, menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang sejuk. Kamu adalah seseorang yang selalu memegang prinsip. Dalam hal bercinta kamu mengidam-idamkan calon teman hidup yang penuh toleransi dan dapat dipercaya.
Warna Kuning
Kesukaan kamu warna kuning menandakan bahwa kamu memiliki sifat optimis. Kamu tipe periang dan senang bergaul, tidak memiliki penampilan yang loyo. Sifat tolong-menolong selalu ada dalam diri kamu, karena menolong merupakan suatu kewajiban mutlak bagi kamu. Kamu orang yang tidak pernah meremehkan siapapun juga, walaupun seseorang itu dungu atau bloon.
Warna Putih
Kamu adalah orang yang dilahirkan ke dunia dengan sempurna, jika menyukai warna putih, banyak orang mengagumi kamu karena sifat angun, sifat idealis dan moral kamu yang teramat tinggi. Tak pernah angkuh, senang menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan kamu.
Warna Ungu
Warna Ungu adalah pribadi dengan tipe yang benar-benar luar biasa. Selalu optimis, dalam menghadapi masa depan kamu tidak pernah ragu-ragu, apa yang dikerjakan kamu adalah yang terbaik. Kamu pandai benar dalam mengikuti perkembangan jaman. Dalam bercinta, hanya merekalah yang kuat mental yang bisa mendekati dan menjadi kekasih kamu.

Feb 27, 2011

Aktif Learning


1.     Pandangan Pengarang Terhadap Manusia
Individu masing-masing pada umumnya memiliki gaya belajar yang berbeda satu sama lain. Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengarnya, melihat, mengajukan pertanyaan dan membahasnya dengan orang lain. Tidak hanya itu, individu perlu ”mengerjakannya” yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan. Salah satu contoh yang ditampilkan adalah dengan adanya penelitian yang menyebutkan bahwa dalam perkuliahan bergaya-ceramah, mahasiswa kurang menaruh perhatian selama 40% dari seluruh waktu kuliah (Pollio, 1984). Mahasiswa dapat mengingat 70% dalam sepuluh menit pertama, sedangkan dalam 10 menit terakhir mereka hanya dapat mengingat 20% saja (McKeachie, 1986). Dengan menambahkan media visual pada pembelajaran, ingatan akan meningkat dari 14% hingga 38% (Pike, 1989). Karena otak tidak hanya sekedar menerima informasi, ia mengolahnya. Dan untuk mengolah informasi secara efektif, ia akan terbantu dengan melakukan perenungan semacam itu secara eksternal dan juga internal. Otak kita akan melakukan tugas lebih baik jika kita membahas informasi dengan orang lain, dan jika kita diminta mengajukan pertanyaan tentang itu.

2.     Pengertian Belajar dan Berkembang
Proses belajar bukan hanya semata kegiatan menghafal. Seorang guru tidak dapat semerta-merta ”menuangkan” isi pikiran dan pemahamannya kepada siswa. Tanpa peluang untuk mendiskusikan, mengajukan pertanyaan, mempraktekkan, dan barangkali bahkan mengajarkannya kepada siswa lain, proses belajar yang sesungguhnya tidak akan terjadi. Proses belajar berlangsung secara bergelombang. Belajar memerlukan kedekatan dengan materi yang dipelajari, jauh sebelum bisa memahaminya. Belajar juga memerlukan kedekatan dengan berbagai macam hal, bukan hanya sekedar pengulangan atai hafalan. Ketika kegiatan belajar sifatnya pasif, siswa mengikuti pelajaran tanpa rasa keingintahuan, tanpa mengajukan pertanyaan, dan tanpa minat terhadap hasilnya (kecuali, barangkali nilai yang akan dia peroleh). Ketika kegiatan belajar bersifat aktif, siswa akan mengupayakan sesuatu. Dia menginginkan jawaban atas pertanyaan, membutuhkan informasi untuk memecahkan masalah, atau mencari cara untuk mengerjakan tugas. Ada beberapa gaya belajar yang dimiliki oleh setiap siswa. Peserta didik yang visual menyukai penyajian informasi yang runtut. Mereka lebih suka menuliskan apa yang dikatakan oleh guru. Selama pelajaran, biasanya mereka diam dan tidak terganggu dengan kebisingan. Peserta didik auditori, yang biasanya tidak sungkan-sungkan untuk memperhatikan apa yang dikerjakan oleh guru, dan membuat catatan. Merka mengandalkan kemampuan kemampuannya untuk mendengar dan mengingat. Selama pelajarn mungkin mereka banyak bicara dan mudah teralihkan oleh suara atau kebisingan. Sedangkan peserta didik yang kinestetik belajar terutama dengan terlibat langsung dealam kegiatan. Mereka cenderung implusif dan kurang sabaran.

3.     Faktor Yang Terlibat Dalam Proses Belajar
Dalam belajar aktif, sisi sosial dari proses belajar merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan dalam penerapan strategi belajar aktif. Dengan menempatkan siswa dalam kelompok dan memberi mereka tugas yang menuntut mereka untuk bergantung satu sama lain dalam mengerjakannya merupakan cara yang bagus dalam memanfaatkan kebutuhan sosial siswa. Mereka cenderung lebih terlibat dalam kegiatan belajar karena mereka mengerjakannya bersama-sama. Kegiatan belajar bersama dapat memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakan kegiatan belajar aktif secara khusus.

  1. Strategi Belajar
Secara garis besar terdapat tiga strategi utama yang merupakan ciri khas dari active learning, yaitu :
    1. Strategi menjadikan siswa aktif sejak awal.
    2. Strategi membantu siswa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara aktif.
    3. Strategi menjadikan belajar tak terlupakan.
Dalam setiap strategi utama tersebut, terdapat banyak teknik untuk mencapai proses belajar aktif yang diharapkan. Teknik-teknik tersebut antara lain :
a.      Studi kasus siswa bersama
b.     Kelompok belajar
c.      Bermain peran
d.     Debat aktif
e.      Turnamen belajar, dan lain sebagainya.

5.     Belajar Dapat Dioptimalkan
Dalam active learning, belajar merupakan kegiatan dimana siswa mengalami pengalaman langsung yang berkaitan dengan proses pemahamannya terhadap suatu materi. Siswa diharapkan mampu berpartisipasi secara aktif di dalam lingkungan kelas, maupun kelompok-kelompok kecil yang telah terbentuk agar kegiatan belajar-mengajar dapat dioptimalkan. Siswa diharapkan memiliki pemahaman mengenai perasaan, nilai-nilai dan sikap mereka. Selain itu siswa mampu mempelajari dan mempraktekkan keterampilan, baik teknis maupun nonteknis.

6.     Implikasi Terhadap Bimbingan dan Konseling
Active Learning berimplikasi positif terhadap kegiatan belajar-mengajar ataupun kegiatan bimbingan konseling. Karena Active Learning  merupakan teknik belajar-mengajar yang memberikan pengalaman langsung kepada guru dan murid. Pengalaman langsung kepada guru dimaksudkan bahwa dalam penerapan Active Learning di sebuah mata pelajaran, guru mampu menilai sejauh mana pemahaman murid terhadap suatu materi. Sedangkan penerapan langsung kepada murid adalah dengan dipergunakannya teknik Active Learning murid-murid mampu menyrap materi dengan lebih baik, karena dengan pengalaman langsung akan lebih ”membekas” dibandingkan hanya dengan metode ceramah. Dalam implikasinya terhadap bimbingan konseling adalah dengan penerapan Active Learning yang tepat dan sesuai kebutuhan, permasalahan belajar anak akan cenderung berkurang. Selain itu, siswa akan cenderung lebih berani dan percaya diri untuk berbicara di hadapan umum. Karena dalam Active Learning keterampilan tersebut cukup dikembangkan